Mayoritas orang menjawab salah ketika ditanya apa tujuan hidupnya. Banyak juga yang nampak berpikir ketika ditanya. Menunjukkan bahwa sebelum ditanya ia tidak pernah memikirkannya. Padahal, jawaban salah berarti hidupnya akan sesat selamanya. Misalnya, seseorang menjawab bahwa tujuan hidupnya adalah mencari kebahagiaan. Maka, ia akan berbuat apa saja yang membuatnya bahagia. Jika dengan mempunyai banyak harta membuatnya bahagia, maka ia akan mengejar harta seumur hidupnya. Jika dengan bercinta dengan perempuan membuatnya bahagia, maka ia akan mengejar-ngejar perempuan seumur hidupnya.
Sebagian orang menjawab dengan jawaban yang ia duga benar, yaitu “beribadah”. Dalilnya adalah QS Adz-Dzariyat ayat 56 yang artinya : "Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku”. Banyak yang meyakini bahwa ini adalah jawaban yang benar. Tapi sayangnya, ternyata masih salah? Lho, kok bisa?
Sebenarnya manusia memang tidak punya tujuan hidup. Yang benar adalah Allah yang punya tujuan menciptakan manusia. Agar lebih mudah memahami, kita bayangkan ada tukang kayu membuat meja. Siapa yang punya tujuan? Tukang kayu atau meja?
Jadi, “untuk beribadah” sebenarnya adalah tujuan Allah menciptakan manusia. Manusia wajib taat kepada Allah seperti tujuan diciptakannya.
Yaitu Taat Tanpa Syarat, Contoh manusia yang taat total kepada Allah adalah Nabi Ibrahim. Beliau pernah diperintahkan Allah untuk menyembelih anak yang sangat dicintainya. Beliau tidak menggubris apakah perintah tersebut melanggar HAM atau tidak, melanggar perikemanusiaan atau tidak. Ada perintah, ya laksanakan.
Begitulah seharusnya kita. Taat tanpa syarat. Taat tanpa banyak cing-cong. Diperintahkan berjilbab, ya berjilbab saja. Tidak usah beralasan kepanasan, tidak modis, dll. Dilarang mengambil riba (bunga bank termasuk riba), ya jangan diambil. Tidak usah beralasan macam-macam. Lantas, bagaimana cara untuk bisa taat total kepada Allah?
CMN

2 komentar:

 
Muhammad © 2013. All Right Reserved
From The Darkness Into The Light
Re-Design and Modifed By Olich Media
Top