Beberapa waktu lalu saya dikejutkan dengan temuan yang aneh di laptop saya. Hal ini saya temukan pada baterai laptop yang menunjukkan tanda silang di iconnya. Di charge tapi baterainya ga bisa full, waduh,,,gaswat haha :D setelah saya telusuri ternyata baterai laptop saya terkena penyakit "Consider Replacing Your Battery" hehe. Hal serupa juga pernah dialami teman se-kampus saya, dia malah mau ganti baterai yang notabenya harga baterai laptop lumayan mahal bagi kantong kantong anak kos seperti saya hehe. Kalo diartikan dalam bahasa Indonesia maksudnya tuh kita suruh mengganti baterai laptop kita yang mungkin umurnya udah tua ataupun udah rusak hehe.
Okey, Calm down, saya punya solusi buat temen - temen yang mungkin punya masalah serupa dengan saya, ini dia solusinya, tapi sebelumnya saya akan menunjukkan screenshot 'consider replacing your battery' :


Satu yang sering dialami oleh pengguna Windows 7, terutama kita kita yang menggunakan Laptop model lama yang dikeluarkan sebelum adanya Windows 7 adalah Error Consider Replacing Your Battery dengan tanda cakra (x) merah di indikator baterai. Bagaimana cara  mengatasi tanda merah di baterai ini?
Penyebab serius dari masalah Consider Replacing Your Battery adalah karena Windows 7 “salah” dalam membaca ACPI dari Laptop tersebut. Alhasil, maka Windows 7 pun akan mengeluarkan warning atau error yang salah? Lho kok bisa? Ini karena BIOS laptop tersebut belum mendukung sepenuhnya Windows 7 sehingga antara BIOS dan OS Windows 7 tidak sinkron.
Cara Pertama, Solusi Terbaik dan Terjitu namun Resikonya juga Besar karena bisa mengakibatkan Laptop Matot alias Mati Total yakni dengan Update BIOS ke versi terbaru yang sudah mendukung Windows 7. Sehingga nantinya Windows 7 nantinya tidak akan salah lagi membaca indikator baterai dari BIOS. Benarkan Update BIOS bisa menyebabkan Laptop matot? Tentu saja, apalagi jika saat sedang proses update tiba-tiba laptop mati atau kehilangan daya, sehingga proses hanya berjalan setengah, alhasil BIOS tidak terinstall dengan baik.
Cara Kedua untuk mengatasi pesan error tersebut adalah:
  • ·         Centang atau klik tulisan “Warn me if my battery may need replacement


Jika cara pertama dan kedua belum ampuh untuk mengatasi solusi dari masalah tersebut, ada cara ketiganya kawan, istilah lain dalam cara ini adalah mengkalibrasi baterai, klo gua mah biasa kalibrasi botol pake air hehe, berikut langkah - langkahnya :
  • ·    Charge baterai anda sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya. 
  • ·    Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.

  • ·    Jika sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.

  • ·     Biarkan laptop rampai mati sendiri karena kehabisan baterai (ini biasanya berlangsung sekitar 1 s.d 2 jam lebih). Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan apapun pada laptop Anda selama proses ini.
  • · Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal.
  • ·   Silahkan cek apakah pesan “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai masih ada ataukah sudah hilang.


Jika cara yang sebelumnya masih belum menemukan titik terang hehe, ada cara keempat yang Insyallah bisa ngasi solusi buat kawan2 sekalian, berikut langkah-langkahnya:

  • ·       Klik kanan icon battery pada system tray anda (bagian kanan bawah), dan pilih “Turn system icon on or off”
  • ·         Pada jendela berikutnya, matikan "Power" dengan memilih off. 

  • ·     Nyalakan kembali icon battery dengan cara klik kanan pada taskbar dan pilih properties, lalu tab “taskbar” pada bagian notification area pilih Costumize...
  • ·      Pada bagian bawah pilih “Turn system icon on or off”. Pada "Power" pilih “On” maka icon battery akan kembali muncul. Selesai.. 

Semoga saja cara ini berhasil.
Kalo cara – cara diatas masih belum berhasil juga, slow down, saya punya jurus pamungkas buat ngatasin penyakit itu bro, berikut langkah – langkahnya :
  • ·         Klik kanan icon battery pada system tray anda, pilih “Turn system icon on or off”
  • ·         Pada jendela berikutnya, pilih off pada Power
  • ·         Dijamin tidak akan ada lagi pesan error tersebut.


Nah, kalo emang cara – cara diatas sudah dilakukan semua dan lagi lagi tidak membuahkan hasil, berarti anda benar-benar harus segera mengganti battery laptop anda. Pasalnya kalo tidak segera diganti mungkin anda akan menulis status di FB ataupun di Twitter semacam ini “eh, listrik padam yah?” “lho kok tiba tiba laptopku mati sendiri sih L” hehe.

Dalam situs resminya, pihak Windows menyatakan:
“Microsoft has been made aware that some computers running Windows 7 receive a warning that the battery needs to be replaced when the battery is new or in good health. In conjunction with our hardware partners, we are investigating this issue. The warning received on some computers using Windows 7 uses firmware information (information about hardware status provided by the PC itself) to determine if battery replacement is needed. We are working with our partners to determine the root cause of what appear to be erroneous warnings and will update the TechNet forum with information and guidance as it becomes available.


The battery notification is new functionality in Windows 7, so the notification itself should not be an indication that customers are having this issue. Windows Vista and Windows XP did not display notifications when it was time to replace the battery. Customers who have already confirmed their battery is fine should contact Microsoft technical assistance for help.”


Semoga Bermanfaat

Sumber :


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Muhammad © 2013. All Right Reserved
From The Darkness Into The Light
Re-Design and Modifed By Olich Media
Top